Home » , » Mengatasi Error Crystal Report Tidak Me-Refresh Data

Mengatasi Error Crystal Report Tidak Me-Refresh Data

Awalnya saya juga bingung kenapa Crystal Report 8.5 yang saya gunakan dengan database MySQL dan Visual Basic 6 tidak bisa membaca data baru yang dimasukkan, dan harus me-refresh report nya langsung dari Crystal Report nya. Jika anda mengalami Crystal Report tidak otomatis me-refresh data baru yang dimasukkan ke database, mungkin tips berikut bisa anda coba. Awalnya saya juga bingung kenapa Crystal Report 8.5 yang saya gunakan dengan database MySQL dan Visual Basic 6 tidak bisa membaca data baru yang dimasukkan, dan harus me-refresh report nya langsung dari Crystal Report nya. Repot juga kalau tiap kali dimasukkan data baru, harus refresh report nya.Dan akhirnya setelah Googling, cara berikut saya coba, dan berhasil.
1.     Buka Crystal Report, masuk ke File > Option > Reporting > uncheck ‘Save Data With Report‘ > OK.

2.     Sekarang tambahkan perintah berikut di Visual Basic nya.
1
CrystalReport1.DiscardSavedData = True
3.     simpan di bagian button untuk mencetak, contoh nya seperti berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
Private Sub cmdCetak_Click()
CrystalReport1.ReportFileName = App.Path + "\lapCalonBayar.rpt"
CrystalReport1.DiscardSavedData = True
CrystalReport1.ReplaceSelectionFormula "{pembayaran_calon.no}=" & Adodc3.Recordset!no
CrystalReport1.Destination = crptToWindow
CrystalReport1.WindowState = crptMaximized
CrystalReport1.Action = 1
End Sub

Written by : Ihksan Fauzi - Tentang Saya

Bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa. Hanya NewBie Yang mencoba berbagi apa yang saya peroleh.

Join Me On: Facebook | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::