Home » , » Listing Backup Dan Restore Database MySQL dengan Visual Basic 6

Listing Backup Dan Restore Database MySQL dengan Visual Basic 6


Kembali dari grup diskusi di Visual Basic Opensource ada member yang bertanya tentang backup dan restore database MySQL dengan menggunakan Visual Basic.

Well sebenarnya MySQL sudah menyediakan sebuah file untuk fasilitas backup dan restore ini, namanya adalah MySQLdump. File ini terletak di folder mysql\bin. Kalau anda pengguna Appserv, posisinya adalah di C:\appserv\mysql\bin, sedangkan bagi anda yang menggunakan xampp posisinya adalah di c:\xampp\mysql\bin. Nah yang harus kita lakukan adalah mengakses file tersebut dan menjalankan perintah yang dibutuhkannya.

Berdasarkan thegeekstuff.com perintah untuk backup dan restore itu seperti ini:

backup: # mysqldump -u root -p[root_password] [database_name] > dumpfilename.sql

restore:# mysql -u root -p[root_password] [database_name] < dumpfilename.sql

[root_password] adalah password root dari database mysql yang anda gunakan [database_name] adalah nama database yang ingin anda backup atau restore. sedangkan dumpfilename.sql adalah path dan nama database yang ingin anda backup atau restore. Ganti ke tiga variabel tersebut dengan nilai yang dibutuhkan, maka anda akan berhasil membackup database mysql.

Nah itu secara command linenya, langkah yang kita butuhkan sekarang adalah menjalankan perintah tersebut melalui vb. VB memiliki sebuah perintah bernama shell yang berfungsi untuk mengeksekusi perintah file tertentu secara comand line. Untuk kasus mysqldump tersebut diatas kita bisa menggunakan perintah berikut ini:

Shell "C:\AppServ\MySQL\bin\mysqldump -u root -pcontoh mysql > d:\dumpfilename.sql"

Perintah diatas akan menjalankan mysqldump dengan password root "contoh", membackup database mysql yang akan disimpan pada d:\dumpfilename.sql. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada source code berikut ini:


Written by : Ihksan Fauzi - Tentang Saya

Bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa. Hanya NewBie Yang mencoba berbagi apa yang saya peroleh.

Join Me On: Facebook | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::