Home » » Membuat Menu Login di Visual Basic

Membuat Menu Login di Visual Basic

Membuat Menu Login di Visual Basic - Kali ini berhubung minggu depan saya akan menjalani review untuk mata kuliah pemrograman yaitu visual basic, jadi sekarang saya mau memposting mengenai visual basic. Mungkin dari pembaca sekalian ada yang belum tahu cara membuat menu login di visual basic. Bagi orang awam, pasti membuat menu seperti ini dikiranya susah. Padahal cukup mudah membuatnya. Mau tahu caranya? Lihat di bawah ini:

1. Buka dulu visual basic 6
2. Buatlah 2 form sekaligus, (Form 1 dan Form 2)
3. Kita akan buat form login di form 1.
4. Taruh 2 Label, 2 TextBox dan 2 Command Button di Form 1
5. Kira-kira tampilannya seperti ini:


6. Setelah itu double klik pada CommanButton1 / LOGIN
7. Lalu isikan coding di bawah ini:

If Me.Text1.Text = "fandimin" And Me.Text2.Text = "imin" Then
Me.Hide
Form2.Show
Else
MsgBox ("Password Salah")
End If

keterangan:
-kata 'fandimin' dan 'imin' bisa diubah sesuai dengan selera kalian, itu untuk username dan password yang digunakan buat masuk ke form 2.
-Untuk Form2 masih kosong, bisa ditaruh program terserah kalian disitu

8. Untuk CommandButton2 / CANCEL tinggal isikan coding

Unload Me

Mungkin hanya itu yang saya bisa share kepada pembaca sekalian. Jika ada yang mau ditanyakan, silahkan komentar saja di postingan ini. Insya Allah akan saya balas. :)
Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat ^^

Written by : Ihksan Fauzi - Tentang Saya

Bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa. Hanya NewBie Yang mencoba berbagi apa yang saya peroleh.

Join Me On: Facebook | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::