Home » , » isi combobox dengan database

isi combobox dengan database

Saat berjalan-jalan di forum penggemar Visaul Basic 6 saya pernah menjumpai ada seorang user bertanya seperti berikut:  
[Tanya/Ask | VB6/VB.Net]

hallo mas/mbak master VB 6.0
maaf mas saya mau tanya nie...ada 2 combo,
=> nama barang :isinya nanti, KINCIRr dan POMPA
=> kel. kerusakan : contoh isinya, 1 2 3 4 dll 
nah isi combo, saya mau ngambil dari database sql server..nantinya apabila saya pilih combo nama barang : kincir, maka untuk kel kerusakan yang muncul hanya kerusakan kincir.. dan sebaliknya seandainya pompa.


Untuk bentuk form nya kira2 seperti ini:


Bagi anda yang mempunyai masalah seperti diatas berikut saya sharing cara listingnya.

  1. Pertama-tama kita isi dulu Combo Box  nama barang dulu. Terserah mau diisi manual atau lewat database. Kalo mau isi lewat database begini listingnya:
 Set rs_barang = dbado.Execute("select*from barang")
While Not rs_barang.EOF
 cb_barang.AddItem rs_barang!nama_barang

    rs_barang.MoveNext
Wend


Dengan Ketentuan :
Listing ini di tempatkan di form load
rs_barang = recodset barang
dbado      = nama koneksi
cb_barang = nama ComboBox barang
nama_barang = field di tabel barang dalam data base

   2. Setelah Combobox nama barang terisi sekarang tinggal memasukkan listing berikut di combo Box nama barang. Caranya Klik 2 kali cb_barang setelah itu masukkan listing berikut:

Private Sub Cb_barang_Click()
Set rs_barang = dbado.Execute("select*from barang where jenis_rusak='" & cb_barang & "'")
While Not rs_barang.EOF
 cb_rusak.AddItem rs_barang!jenis_rusak
    rs_barang.MoveNext
Wend
End Sub


3. Agar data yang ditampilkan di cb_rusak tidak dobel saat di klik cb_barang maka di cb_barang_ dropwdown tambahkan listing berikut:

Private Sub Cb_barang_dropdown()
cb_rusak.Clear
End Sub


semoga bermanfaat ;-)

Written by : Ihksan Fauzi - Tentang Saya

Bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa. Hanya NewBie Yang mencoba berbagi apa yang saya peroleh.

Join Me On: Facebook | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::