Home » , » menampilkan gambar di crystal report

menampilkan gambar di crystal report

Untuk membuat report dengan Crystal Report sebelumnya crystal report harus sudah terinstal sebagai contoh disini digunakan Crystal Report 8.5 adapun langkah untuk membuatnya sebagai berikut


  • pilih menu Project kemudian klik Add Crystal Report 8.5, seperi gambar dibawah ini.


  • Setelah tampil jendela dialog crystal report gallery, kita gunakan template jadi biarkan option Using The Report Expert pada bagian Create a new Crystal Report Document, kemudian pilih standard pada kotak choosen an Expert dan klik OK seperti gambar dibawah ini.

  • Setelah ditekan tombol OK akan tampil jendela dialog Standard Report Expert, pada jendela tersebut klik tombol other untuk memilih database access yang pernah dibuat dengan VisData sebelumnya yang kemudian akan tampil kembali jendela Data Explorer

  • Pada jendela Data Explorer klik tanda plus “+” pada folder Database Files dan pilih find Database File kemudian klik tombol Add. Selanjutnya akan tampil jendela dialog Open pilih directory KTM yang pernah dibuat di Root direktori C selanjutnya akan terlihat file database Mahasiswa yang pernah dibuat seperti gambar dibawah ini klik-lah database tersebut dan tekan tombol Open.

  • Selanjutnya pada folder Database Files terlihat Database Mahasiswa.mdb dengan table MHS dibawahnya. Seperti terlihat gambar dibawah, selanjutnya pilih table MHS tersebut dengan cara menekan tombol Add akan terlihat tanda contreng pada table MHS, artinya table MHS telah dimasukkan pada kotak Tabel dijendela dialog Standard Report Expert. Tutup jendela Data Explorer dengan menekan tombol close.

  • Selanjutnya klik Next pada Jendela Standard Report Expert, maka akan terlihat halaman tab Fields yang menampilkan daftar Available Fields dibagian kiri dan Fields to Display di bagian kanan salin semua fields ke kotak dikanan atau fields yang diinginkan ke kanan dengan menekan tombol Add (satu persatu fields) sedangkan Add All (semua fields) seperti gambar dibawah ini.


  • Kita dapa merubah kepala kolom (fields) dari setiap fields dengan memilih fields pada kotak Fields to Display dan menuliskannya di kotak Column Heading selanjutnya klik Finish untuk menyudahi lihat hasil seperti gambar dibawah. Berikutnya kepala kolom dapat dipindahkan ke bagian Detail.

  • Dengan klik kanan pada bagian Header dapat ditambahkan Kepala Report dengan memilih Insert dan klik Text Object akan terlihat fields kosong, tempatkan fields tersebut kemudian klik kanan pada fields itu dan pilih Edit Text Object Ketik “DAFTAR MAHASISWA”.
  • Untuk membentuk text itu klik kanan kembali text tersebut dan pilih Format kemudian pilih halaman Font, terlihat kolom-kolom Font, Style, Size, Color dan Underline, pada bagian Detail klik kanan dan sisipkan OLE Object pilih Bitmap Image, tempatkan OLE Object tersebut seperti Gambar dibawah ini

  • Selanjutnya double Klik OLE Object tersebut untuk menambahkan kode program. Nama Ole Object tersebut adalah Picture1, jadi kode program harus diketik sebagai berikut :

  • Private Sub Section10_Format(ByVal pFormattingInfo As Object)
    If Field1.Value <> "" Then
    Set Picture1.FormattedPicture = LoadPicture(App.Path & "\Foto\" & Field1.Value & ".Jpg")
    End If
    End Sub

  • Perhatikan, Foto merupakan nama direktori untuk menyimpan Foto, yang dibuat didalam direktori program kita, jadi file foto ditempatkan pada direktori tersebut dan nama file foto harus sama dengan stambuk dengan format JPG jika digunakan foto dengan Format lain ganti Ekstensi pada kode program diatas.
  • Hingga disini selesai proses pembuatan Report dengan menggunakan Crystal Report yang dilengkapi dengan Image didalamnya, contoh hasil terlihat seperti dibawah ini, terima kasih semoga bermanfaat.

Written by : Ihksan Fauzi - Tentang Saya

Bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa. Hanya NewBie Yang mencoba berbagi apa yang saya peroleh.

Join Me On: Facebook | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::