Home » , » Tips dalam membangun mesin server untuk warnet game online

Tips dalam membangun mesin server untuk warnet game online





Misi om2 mimin, nubie izin share smile emoticon makasih sebelumnya.
bagi agan2 yang mau merakit server dan masih mencari2 rekomendasi server yang bagus.. ane share sedikit tips yang mungkin bermanfaat dalam menjatuhkan pilihan mesin server yang tepat dan efisien.
Menentukan spesifikasi hardware untuk server memang susah2 gampang.
Bisa dikatakan asal pilih pun yang penting dualcore, 4core, corei3, ram 4gb, lan gigabit, udah cukup buat jadi server. Tapi server yang asal pilih, atau seadanya, hampir dipastikan, tidak akan memuaskan performancenya. Bagi agan2 yang sudah punya server, atau tidak berniat membeli server baru dan lebih memilih menggunakan perangkat yang sudah ada, tips ini bisa di abaikan.
Bagi agan2 yang baru mau, membeli server baru, mungkin beberapa tips ini bisa bermanfaat :
1. Procesor platform, AMD atau Intel?
Untuk Penggunaan pada PC client, AMD memang masih lebih menjadi pilihan, kenapa? karena platform apapun yang digunakan, apabila digunakan untuk aktivitas game online apalagi dengan user2 yang extreme dan jam operasional yang hampir 24x7, AMD ataupun Intel menjadi tidak begitu jauh perbedaannya dari segi usia dan daya tahan. AMD menjadi lebih favorit karena harga sparepart yang lebih murah dibanding intel, ditambah teknologi APU yang memiliki GPU pada prosesor jadi memudahkan perawatan dan memperkecil kemungkinan VGA rusak karena kipas macet, overheat dll..
Tapi untuk penggunaan pada server, Intel masih lebih unggul dari segi performa, daya tahan, teknologi, dan yang terakhir konsumsi listrik.
-Performa : apabila temperatur CPU sudah mencapai limitnya, pada AMD kebanyakan performa komputer mendadak menjadi berat, ditandai dengan CPU usage yang menyentuh angka 100% pada task manager, sementara prosesor intel akan mengurangi aktivitas pada prosesor sedikit demi sedikit agar temperatur kembali stabil, tanpa harus mengalami lemot/hang karena cpu usage 100%.
-Daya Tahan : Sejauh ini Prosesor Intel terbukti memiliki usia yang lebih panjang dibanding AMD, juga daya tahan yang tinggi (AMD APU Series lebih banyak mengalami overheat dibanding Intel G Series)
-Teknologi : Pernah lihat Intel Pentium 4, yang meiliki 2 proses bar pada task manager, terlihat seperti prosesor dual core? itu yang disebut teknologi hyper threading. sayah juga masih bingung gimana jelasinnya, jadi ane copas dari wikipedia aja ya
"Intel Hyper-Threading Technology merupakan sebuah teknologi mikroprosesor yang diciptakan oleh Intel Corporation pada beberapa prosesor dengan arsitektur Intel NetBurst dan Core, semacam Intel Pentium 4, Pentium D, Xeon, dan Core 2. Teknologi ini diperkenalkan pada bulan Maret 2002 dan mulanya hanya diperkenalkan pada prosesor Xeon (Prestonia).
Prosesor dengan teknologi ini akan dilihat oleh sistem operasi yang mendukung banyak prosesor seperti Windows NT, Windows 2000, Windows XP Professional, Windows Vista, dan GNU/Linux sebagai dua buah prosesor, meski secara fisik hanya tersedia satu prosesor. Dengan dua buah prosesor dikenali oleh sistem operasi, maka kerja sistem dalam melakukan eksekusi setiap thread pun akan lebih efisien, karena meskipun sistem-sistem operasi tersebut bersifat multitasking, sistem-sistem operasi tersebut melakukan eksekusi terhadap proses secara sekuensial (berurutan), dengan sebuah algoritma antrean yang disebut dengan dispatching algorithm"
-konsumsi listrik : monggo dibandingin sendiri smile emoticon selisihnya ga terlalu jauh kok sama AMD, jadi ga terlalu vital point yang ini smile emoticon
2. Socket prosesor, usahakan menggunakan socket 1155 atau 1150 kalau intel dan FM2 atau FM2+ kalau AMD. kalau dibawah itu? begitu discontinue, agan kebakaran jenggot kalo cari sparepart colonthree emoticon
3. Slot Memory / RAM, Minimal 2 slot memory DDR3 support dual channel, support maksimal 16GB (masing2 slot support max 8GB)
4. LAN, Support gigabit LAN (Hampir mendekati wajib)
5. Slot Sata, usahakan memilih motherboard yang memiliki paling sedikit 2 slot Sata 3 (6Gbps). kan gregett juga kalo dah rakit2 server, install OS, begitu copy game 2 hari 2 malem gara2 storage masih sata 2, tiap mau tambah game/film ngopy-nya lama colonthree emoticon sepele, tapi ke depannya, bikin gak nyaman. Apalagi kalo server pakai SSD, tapi masih ditancep ke slot Sata2, Sakitnya tuh disiniii cynn
6. USB Port, sama seperti Slot Sata, Usahakan memilih motherboard yang memiliki paling sedikit 2 port USB 3. kenapa? sama seperti point nomor 5.. mau copy game/film dari harddisk external dengan size puluhan/ratusan GB, tapi USB port masih USB 2, padahal HDD external udah support USB 3.. sakitnya tuh disini colonthree emoticon
7. PSU, minimal 380watt pure, idealnya 450watt pure, diatas itu lebih bagus smile emoticon
yang terakhir, jgn lupa lengkapi dengan UPS sama stabilizer..

demikian info dari ane, kalo salah monggo diralat, kalo ada yang kurang silahkan dilengkapi.. makasih sebelumnya

Written by : Ihksan Fauzi - Tentang Saya

Bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa. Hanya NewBie Yang mencoba berbagi apa yang saya peroleh.

Join Me On: Facebook | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::